BUPATI PIMPIN RATAS SOAL LINGKUNGAN

Bupati Kuningan H. Acep Purnama memimpin rapat terbatas dengan beberapa dinas, Camat dan Lurah se-Kabupaten Kuningan. bertempat di Ruang Rapat Linggarjati Setda Kabupaten Kuningan hari ini, Rabu, (11/12/2019).
Rapat dimaksudkan untuk memberikan arahan kepada Kepala Dinas, Camat dan Lurah dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam menghadapi musim hujan kali ini.
Hadir mendampingi Bupati, Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Sementara itu dari Dinas yang hadir antara lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H. Amirudin, S. Sos, M.Si, Sekretaris Dinas PRPP, Drs. Yudi Nugraha, M,Si, Kepala Pelaksana BPBD, Agus Mauludin, SE, MM, Camat se-Kabupaten Kuningan dan unsur Perum Perhutani Kabupaten Kuningan.
Dalam arahannya, Bupati memerintahkan kepada peserta yang hadir untuk bersama-sama mengantisipasi segala kemungkinan mengingat datangnya musim hujan.
“Ranting-ranting pohon yang dapat membahayakan pengguna jalan agar dipangkas. Selain itu apabila ada pohon yang ditebang, segera ditanam pohon baru. Agar diperhatikan juga apabila ada pohon-pohon yang usianya sudah tua, dan membahayakan dan dikuatirkan akan menimbulkan korban. “ ujar Acep.
Acep juga memerintahkan apabila terdapat pohon yang membahayakan, sementara posisinya terdapat dipinggir jalan nasional atau provinsi, maka dinas Lingkungan Hidup segera melaporkan atau mengkoordinasikan segera kepada pihak terkait.
“Saya tidak mau ada jatuh korban akibat adanya kejadian itu. Jadi segera antisipasi sedini mungkin sehingga tidak ada kejadian yang menimbulkan korban. “ lanjut Acep.
Dalam kesempatan itu, Acep juga menghimbau kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk melaksanakan gerakan kebersihan lingkungan, membersihkan saluran air dan irigasi sungai-sungai serta menghimbau masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan.
“Kejadian banjir dan bencana lainnya agar diwaspadai, jangan sampai kita terus berulang setiap tahun mengalaminya. Kita harus berupaya menjaga lingkungan kita dengan cara menjaga kebersihan sekitar, membersihkan saluran air, irigasi, sungai dan yang perlu mendapat perhatian penting dari masyarakat, buanglah sampah pada tempatnya.” Selain masalah lingkungan, Bupati juga menyoroti soal perijinan dan berharap ada peran Camat dalam mengawasinya.
“Kedepan peran Camat dalam hal perijinan harus dilibatkan. Awasi dan ingatkan masyarakat jangan sampai lupa untuk membuat IMB. Awasi juga setiap kali ada pembangunanapakah sudah memiliki ijin atau belum. “ pungkas Acep. (pubdok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *